√ Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 4 Tentang Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara - MGMP IPS Indramayu

Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 4 Tentang Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara


A. Kehidupan Manusia pada Masa Praaksara

Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Dengan demikian, yang dimaksud masa praaksara adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan.


Masa praaksara disebut juga dengan masa nirleka (nir artinya tidak ada, dan leka artinya tulisan), yaitu masa tidak ada tulisan. Masa praaksara dikenal pula dengan masa prasejarah.


Periodisasi sejarah perkembangan bumi secara geologis

1. Zaman Arkaikum. Zaman Arkaikum merupakan zaman tertua, zaman ini berlangsung kira kira sejak 2.500 juta tahun yang lalu. Pada waktu itu kulit bumi masih sangat panas, sehingga belum terdapat kehidupan diatasnya.

2. Zaman Palaeozoikum. Zaman kehidupan tua, berlangsung kira-kira sejak 340 juta tahun yang lalu. Zaman ini sudah ditandai dengan munculnya tanda-tanda kehidupan, antara lain munculnya binatang-binatang kecil yang tidak bertulang punggung, berbagai jenis ikan, amfibi dan reptil.

3. Zaman Mesozoikum. Zaman kehidupan pertengahan, berlangsung sejak kira-kira 140 juta tahun lalu. Pada zaman ini, kehidupan di bumi makin berkembang. Binatang-binatang mencapai bentuk tubuh yang besar sekali.Kita mengenalnya sebagai Dinosaurus. Di samping itu, juga mulai muncul berbagai jenis burung. Zaman mesozoikum disebut pula dengan zaman reptil karena pada zaman ini jenis binatang reptil yang paling banyak ditemukan.

4. Neozoikum atau Kenozoikum. Zaman kehidupan baru, berlangsung sejak kira- kira 60 juta tahun yang lalu. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tertier dan zaman kuartier.

- Zaman Tertier. Pada zaman tertier jenis-jenis reptil besar mulai punah dan bumi umumnya dikuasai oleh hewan-hewan besar yang menyusui. Contohnya adalah jenis gajah purba (mammuthus) yang pernah hidup di Amerika Utara dan Eropa Utara.

- Zaman Kuartier. Zaman kuartier berlangsung sejak kira-kira 3.000.000 tahun yang lalu. Zaman ini sangat penting bagi kita, karena merupakan awal kehidupan manusia pertama kali di muka bumi.


Periodisasi secara arkeologis

1. Zaman Batu. Zaman batu adalah zaman ketika sebagian besar perkakas penunjang kehidupan manusia terbuat dari batu. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang digunakan dan dari cara pengerjaannya.

- Paleolithikum. Berlangsung kurang lebih 600.000 tahun silam.

Kehidupan manusia masih sangat sederhana, hidup berpindah-pindah (nomaden). Mereka memperoleh makanan dengan cara berburu, mengumpulkan buah-buahan, umbi-umbian, serta menangkap ikan.

Alat-alat yang digunakan pada zaman ini terbuat dari batu yang masih kasar dan belum diasah, seperti kapak perimbas atau alat serpih yang digunakan untuk menguliti hewan buruan, mengiris daging, atau memotong umbi-umbian.

Gambar Alat serpih sumber : satujam.com 

- Mesolithikum. Pada zaman ini, manusia sudah ada yang hidup menetap sehingga kebudayaan yang menjadi ciri dari zaman ini adalah kebudayaan Kjokkenmoddinger dan kebudayaan Abris sous Roche.

Kjokkenmoddinger adalah istilah yang berasal dari bahasa Denmark, yaitu kjokken artinya dapur dan modding artinya sampah. Jadi, Kjokkenmoddinger arti sebenarnya adalah sampah dapur. Kjokkenmoddinger adalah timbunan kulit kerang dan siput yang menggunung dan sudah menjadi fosil. Kjokkenmoddinger ditemukan di sepanjang pantai timur Sumatra, yakni antara Langsa dan Medan. 

Kjokkenmoddinger sumber organisasi.co.id


Abris Sous Roche (abris = tinggal, sous = dalam, roche = gua) maksudnya adalah gua-gua yang dijadikan tempat tinggal manusia purba yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dari cuaca dan binatang buas. Kebudayaan abris sous roche ini banyak ditemukan misalnya di Besuki, Bojonegoro, juga di daerah Sulawesi Selatan.

Abris Sous Roche sumber organisasi.co.id

- Neolithikum. Pada zaman ini telah terjadi perubahan mendasar pada kehidupan masyarakat praaksara. Mereka mulai hidup menetap dan mampu menghasilkan bahan makanan sendiri melalui kegiatan bercocok tanam. Hasil kebudayaan yang terkenal dari zaman ini adalah kapak persegi dan kapak lonjong. 

Kapak persegi sumber jurnalponsel.com

Kapak lonjong sumber jurnalponsel.com

- Tradisi Megalithik. Megalithik berarti batu besar. Jadi yang dimaksud dengan tradisi megalithik adalah pendirian bangunan dari batu yang berukuran besar. Tradisi ini muncul pada zaman batu dan erat kaitannya dengan kepercayaan yang berkembang pada saat itu, yaitu pemujaan terhadap roh nenek moyang. Jenis-jenis bangunan megalithik antara lain sebagai berikut; menhir, dolmen, sarkofagus, waruga dan punden berundak. 

Menhir sumber Foto Antara

Dolmen Sumber Aliexpress

Sarkofagus sumber Riau1.com

Waruga sumber kumparan.com

Punden Berundak sumber silanghati.com

2. Zaman Logam. Pada zaman ini, manusia tidak hanya menggunakan bahan-bahan dari batu untuk membuat alat-alat kehidupannya, tetapi juga mempergunakan bahan dari logam, yaitu perunggu dan besi. Benda-benda yang dihasilkan pada zaman ini antara lain adalah kapak corong (kapak yang menyerupai corong), nekara, moko, bejana perunggu, manik-manik, cendrasa (kapak sepatu).



Periodisasi berdasarkan Perkembangan Kehidupan:

1. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

2. Masa Bercocok Tanam

3. Masa Perundagian


B. Nilai-Nilai Budaya Masa Praaksara di Indonesia

1. Nilai Religius (Kepercayaan)

2. Nilai Gotong Royong

3. Nilai Musyawarah

4. Nilai Keadilan

5. Tradisi Bercocok Tanam

6. Tradisi Bahari (Pelayaran) 




Get notifications from this blog

1 comment

  1. Assalamualaikum wr.wb kak, saya baru lulusan sebagai sarjana Pendidikan IPS, ini ada karya saya kak untuk menunjang pendidikan di Indonesia khususnya mata pelajaran IPS
    https://youtu.be/oo0MSvE4Ecc . semoga bermanfaat yah kak, terima kasih.

    ReplyDelete