Panduan OSN SMP Tahun 2022



Setiap tahun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Sekretariat Jenderal melalui Pusat Prestasi Nasional, melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang IPA, Matematika dan IPS dengan melaksanakan kegiatan OSN (Olimpiade Sains Nasional) 


Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global. 


Melalui OSN ini, kami berharap dapat menjadi ruang atmosfer olimpiade yang sehat dan bertumbuh dalam budaya yang silih asih dan asuh. Dukungan segenap pihak sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia. 


OSN Tahun 2022 masih dilakukan secara online atau daring. Dengan ketentuan sebagai berikut 

1. Ketentuan Umum OSN SMP Pelaksanakan OSN SMP tahun 2022 dilaksanakan dengan mekanisme :

a. Babak penyisihan.

b. Babak final.


2. Materi cabang lomba OSN SMP terdiri dari cabang IPA, Matematika dan IPS yang tercantum pada silabus OSN SMP tahun 2022.


3. Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 babak penyisihan dan babak final dilakukan secara daring/online menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia Pusat Prestasi Nasional.


4. Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 diselenggarakan secara daring/online di rumah, sekolah, atau tempat yang ditentukan oleh dinas.


5. Setiap sekolah diwakili maksimal 3 (tiga) peserta. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) cabang lomba.


6. Sarana penunjang pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 secara daring/online, berupa :

a. Smartphone android dengan kapasitas ruang penyimpanan minimum 16 Gb,

b. Komputer/laptop yang akan digunakan untuk menjawab soal dalam aplikasi berbasis web dan memutar aplikasi video dalam jaringan (untuk babak final IPA dan IPS),

c. Jaringan internet yang stabil.


Persyaratan Peserta

Persyaratan peserta OSN SMP tahun 2022 adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.

2. Peserta bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun 2021 pada semua cabang lomba.

3. Peserta terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat.

4. Peserta didik yang terdaftar sebagai siswa SMP dan/atau sederajat, kelas 7 atau 8 pada tahun ajaran 2021/2022, dan berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2022.

5. Peserta memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS).

6. Peserta memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) untuk cabang lomba yang akan diikuti.

7. Peserta mengisi dan menandatangani surat pernyataan integritas dalam mengikuti seleksi OSN SMP tahun 2022.

8. Peserta memiliki surat keterangan siswa aktif dari sekolah.


Registrasi/Pendaftaran Peserta

1. Pelaksanaan registrasi dilakukan melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

2. Pendaftaran dilakukan oleh sekolah dengan melengkapi data peserta secara akurat dan benar.

3. Bagi sekolah yang tidak terdaftar dalam Dapodik, diwajibkan mengunggah surat pernyataan integritas siswa dan surat keterangan siswa aktif dari sekolah pada laman pendaftaran, format surat dapat diunduh pada laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

4. Setelah pendaftaran berhasil, sekolah mendapatkan password dari website regristrasi untuk sign in peserta.


Jadwal Pelaksanaan

Sosialisasi Pedoman Pelaksanaan OSN SMP tahun 2022 April 2022

Virtual Meeting dan penjelasan teknis Puspresnas dengan Daerah April 2022

Pendaftaran Peserta 20 April – 20 Mei 2022

Ujicoba aplikasi dan simulasi OSN Mei 2022

Seleksi babak penyisihan Mei 2022

Virtual meeting dan penjelasan pelaksanaan babak final Juni 2022

Pelaksanaan babak final OSN Nasional Juli 2022


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan Panduan OSN SMP Tahun 2022 silakan unduh di sini 



0 Response to "Panduan OSN SMP Tahun 2022"

Post a Comment