Perang Armagedon di Bumi Semar

 


Kalau lihat judulnya seperti judul film atau cerita pewayangan. Padahal ini merupakan singkatan dari Perang Armagedon singkatan dari Pembelajaran kreatif di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Digital. Sedangkan Bumi Semar singkatan dari Bumi Semar singkatan dari Baca Ulaskan, Mencipta Infografis, Sinergi Eksplorasi dan Menanggapi Aktif Responsif, yakni materi yang dibawakan oleh Bapak Bahar Sungkowo, S.Pd M.Pd guru SMP Internat Alkausar Kabupaten Sukabumi. 


Materi yang dibawakan oleh Bapak Bahar Sungkowo, S.Pd M.Pd tersebut diberikan kepada peserta webinar FKGIPS PGRI Jawa Barat tanggal 16 September 2020 lalu yang diikuti oleh lebih dari 400-an guru IPS dari berbagai daerah di Jawa Barat. 


Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, maka Pembelajaran Jarak Jauh merupakan salah satu solusinya. Tetapi dalam pembelajaran tersebut guru harus memperhatikan juga berbagai kondisi yang dihadapi oleh peserta didik seperti ketiadaan gawai atau smartphone, jaringan yang kurang stabil, kuota internet, serta kondisi psikis seperti bosan, malas, dan lainnya saat mengikuti PJJ.


Untuk menarik minat siswa mengikuti kegiatan Pembelajaran jarak jauh maka berbagai cara harus dilakukan oleh guru salah satunya dengan Pembelajaran Era Daring Aneka Ragam Metode Game Edukasi Online (Perang Armagedon). 


Berbagai game menarik layak dicoba oleh bapak dan ibu guru seperti menggunakan Armagedon singkatan dari Aneka Ragam Metode dan Game Online dengan menggunakan (Baamboozle, Jeoprady, Classtool), ES MAMBO (Blending, Learning Edpuzzle), Model Cino Blended Learning. ES MAMBO singkatan dari LMS Edmodo, Sway, Main Memory Recall, Baamboozle. 


Berikutnya guru juga harus membuat Konsep Pandemi, Tapi pandemi disini berbeda karena PANDEMI merupakan singkatan juga yakni Pembelajaran Aktif, Nyatakan, Digitalisasi, Elaborasi, Mencipta, dan Evaluasi.   


Selain itu guru harus mencoba model pembelajaran : 

1. Sayonara yakni singkatan dari Sway, Youtube dan Nalar Rasional. 

2. Quebec (Quipper, Edpuzzle, Baamboozle, dan Canva)

3. Pasyuba (Padlet, Youtube, Baamboozle) 


Sementara Cino Blending Learning sendiri merupakan singkatan dari Combinated, Integrated, Nice dan Opinion). Dimana Combinate artinya mengkombinasikan konsep sinkron dan asinkron dikombinasikan dengan aplikasi yang ada. 


Integrated artinya aplikasi yang dikombinasikan memiliki kekuatan integrasi yang saling melengkapi sehingga memudahkan siswa belajar. 


Nice artinya bagus/cantik/indah maksudnya adalah Blended Learning ini memberikan tampilan yang menarik, bagus, indah dan tidak membosankan siswa/banyak variasi yang menarik. 


Opinion artinya opini maksudnya untuk menumbuhkan motivasi mengemukakan opini siswa dalam mempelajari materi berkait hal kekinian (menghubungkan Covid-19) dengan materi yang dipelajari.


Selain itu ada model pembelajaran yang bisa dicoba oleh bapak guru bernama Model APEL DAUN yang merupakan singkatan dari Apersepsi, Pelajari, Dalami, Analisisi, Ungkapkan dan Nilai. 


Hasil yang diharapkan dari Model Apel Daun adalah Responsif Positif, Siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran, dan prestasi belajar memuaskan. 


Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semua. 



Materi Perang Armagedon di Bumi Semar  oleh Bapak Bahar  Sungkowo, S.Pd M.Pd
silakan 


Materi Pedagogi Kreatif dalam pembelajaran IPS pada masa Covid-19 oleh Prof. Nana Supriatna silakan 


Materi Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19 oleh Ibu Suciati Kepala SMPN 53 Bandung silakan 





0 Response to "Perang Armagedon di Bumi Semar "

Post a comment