Ice Breaking Untuk Pembelajaran

 


Sebagai seorang guru, Anda mungkin pernah merasakan peserta didik tidak bersemangat dalam kegiatan belajar. Jika Anda sudah merasakan hal tersebut maka tindakan yang akan guru lakukan adalah Ice Breaking.

 

Ice breaking berasal dari Bahasa Inggris yakni Ice atau Es dan Breaking artinya memecah. Namun maksud Ice Breaking disini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam rangka mencairkan suasana yang dianggap kaku, membosankan agar menjadi lebih nyaman.

 

Kegiatan Ice Breaking sebenarnya tidak hanya untuk peserta didik, tetapi bisa dilakukan saat Anda menjadi narasumber atau pemateri. Karena kegiatan Ice Breaking bisa dilakukan untuk semua usia, jenis kelamin, dan latar belakang kehidupan lainnya.

Kegiatan ice breaking dapat diterapkan untuk berbagai kegiatan, seperti rapat kerja, seminar, training, family gathering, hingga kegiatan belajar-mengajar.

 

Manfaat Ice Breaking

Kegiatan ice breaking tentunya memiliki banyak manfaat bagi para peserta yang mengikutinya. Diantaranya adalah menciptakan suasana yang kondusif dan aktif.  

 

Terdapat beragam metode dalam ice breaking. Namun demikian, ice breaking dengan metode permainan merupakan metode yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan metode permainan dianggap menyenangkan. Berikut ini merupakan beberapa referensi permainan dalam Ice Breaking:

 

1. Sambung kata

Permainan sambung kata bertujuan untuk menguji kecepatan peserta dalam berpikir dan melatih konsentrasi peserta. Aturan dalam permainan ini adalah instruktur nantinya akan menunjuk peserta pertama untuk mengucapkan satu kata secara bebas. Kemudian peserta berikutnya mengucapkan satu kata lainnya secara bebas. Langkah ini berulang hingga peserta terakhir. Setiap peserta harus mengucapkan secara cepat. Nantinya kata-kata ini dapat menjadi satu kalimat yang sempurna.

 

2. Tebak gambar

Permainan berkelompok ini memiliki tujuan untuk melatih kecepatan berpikir dan melatih kerja sama antar peserta. Aturan mainnya adalah setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah barisan dan mempersiapkan alat tulis. Instruktur akan memberikan objek gambar kepada peserta pertama dalam barisan dan harus digambar selama tiga hingga lima detik. Objek ini biasanya terdiri dari satu hingga dua kata. Jika waktu habis, peserta berikutnya akan mendapatkan kesempatan melanjutkan gambar dengan waktu yang sama. Langkah ini berulang hingga peserta terakhir. Nantinya, peserta terakhir akan menebak objek atau gambar tersebut. Dalam menentukan jawaban, peserta terakhir boleh berdiskusi dengan anggota kelompok selain peserta pertama.

 

3. Siapa dia?

Permainan siapa dia merupakan salah satu bentuk permainan ice breaking yang dapat dimainkan secara berkelompok atau individu. Permainan ini bertujuan untuk mengenal peserta satu sama lain. Aturan main dari permainan ini adalah yang pertama adalah instruktur akan menunjuk satu peserta untuk memperkenalkan diri secara singkat. Kemudian peserta selanjutnya harus mengingat dan menyebutkan identitas diri dari peserta pertama, begitupun seterusnya hingga peserta yang terakhir. Peserta terakhir ini nantinya diminta untuk memperkenalkan dirinya dan menyebutkan nama dari seluruh peserta. Instruktur akan memberikan hadiah jika peserta terakhir bisa menyebutkan seluruh nama peserta dengan benar tanpa bantuan dari peserta lain.

 

4. Rumus benar salah

Permainan yang bernama rumus benar salah ini bertujuan untuk melatih daya ingat dan konsentrasi dari peserta serta melatih kerja sama antar peserta. Aturan main dari permainan ini yang pertama adalah instruktur akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok berisi 5 hingga 10 peserta. Fokus kepada rumus benar salah menjadi kunci utama setiap kelompok dalam permainan ini. Jika instruktur mengatakan “berdiri dan duduk”, maka setiap kelompok harus melakukan gerakan “berdiri dan berdiri” karena rumus permainan ini adalah “benar-salah”. Contoh lain, jika instruktur mengatakan “kiri dan kanan”, maka setiap kelompok harus melakukan gerakan “kiri dan kiri” karena rumus permainan ini adalah “benar-salah”.

 

Bagi rekan-rekan yang membutuhkan materi untuk Ice Breaking di bawah ini silakan download disini :

1. Game Warna

2. How to make yourself happy

3. Materi Ice Breaking

4. Wortel, Telor dan Biji Kopi

5. Kura-kura dan Kancil

6. Magic by David Copperfield

7. Bagaimana Mengenal Kepribadian Seseorang

8. Permainan Teka-teki

9. Permainan Dua Kaleng

10. Pertanyaan mudah yang selalu dijawab salah

11. Something Bothering and Worring You

12. Bencana Waktu

13. Macam-macam guru


Sumber : Edukasi IPS

0 Response to "Ice Breaking Untuk Pembelajaran"

Post a Comment