Inspirasi Contoh Soal Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan Tingkat SMP



Inspirasi Contoh Soal Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan Tingkat SMP - Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah telah mengeluarkan dokumen inspirasi contoh soal ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan tingkat SMP.

 

Dalam dokumen tersebut memuat butir soal ujian mata pelajaran diantaranya :

A. Portofolio

B. Penugasan

C. Tes Tertulis

D. Tes Praktik

E. Tugas Produk

F. Tes Lisan

 

Berbagai teknik penilaian tersebut di atas, dapat dipergunakan oleh satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan penilaian yang menjadi kewenangan satuan pendidikan, seperti Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US).

 

A.   Portofolio

Portofolio adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat reflektif-integratif yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periodetertentu.

Penilaian portofolio mengumpulkan informasi hasil belajar melalui:

- observasi sampel sampel karya atau produk;

- analisis dan refleksi isi portofolio secara teratur;

- penyimpulan serta penilaian kemajuan siswa.

 

b. Jenis-jenis portofolio

Terdapat berbagai cara mengklasifikasikan portofolio. Salah satu klasifikasi memilah portofolio menjadi 3 jenis :

 

1) Portofolio kerja merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu  mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu.

2) Portofolio dokumentasi adalah koleksi hasil kerja (produk) siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai.

3) Portofolio pilihan (showcase portfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.

 

2. Tugas Proyek

a. Definisi

Secara harfiah, sebuah proyek berarti rencana pekerjaan dengan sasaran khusus dan dengan waktu penyelesaian yang tegas. Dengan demikian, penilaian bentuk tugas proyek memiliki karakteristik yang mengukur kemampuan siswa untuk menyelesaikan suatu tugas dalam periode atau waktu tertentu, dengan tahapan tertentu.

Tugas yang dikerjakan mengikuti fase perencanaan, penyusunan jadwal, pelaksanaan, presentasi laporan/publikasi hasil proyek, serta refleksi proses dan hasil proyek.

b. Jenis-jenis tugas

1) Ujian bentuk tugas proyek memerlukan durasi waktu yang jelas

2) Tugas proyek dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika tugas dilakukan secara berkelompok, guru harus dapat memastikan peran setiap individu dalam kelompok.

3) Tugas proyek dapat mencakup satu atau beberapa KD yang dipandang sesuai dengan SKL, dapat pula mencakup satu atau beberapa mata pelajaran.

 

3. Tugas Produk

a. Definisi

Ujian bentuk tugas produk adalah penilaian terhadap keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu yang ditentukan. Tugas produk menitikberatkan pada kualitas suatu produk yang dihasilkan.

b. Jenis-jenis tugas

1) Tugas produk dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika tugas dilakukan secara berkelompok, guru harus dapat memastikan peran setiap individu dalam kelompok.

2) Tugas dapat mencakup satu atau beberapa KD yang dipandang  sesuai dengan SKL, dapat pula mencakup satu atau beberapa mata pelajaran.

 

4. Tes Praktik

a. Definisi

Tes Praktik merupakan penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi. Dengan demikian, aspek yang dinilai dalam Tes Praktik adalah kualitas proses mengerjakan/ melakukan suatu tugas. Respon berupa aktivitas tersebut dinilai dengan Rubrik.

 

5. Tes Kinerja

a. Definisi Tes kinerja berupa

1) perintah kepada siswa untuk melakukan suatu tugas atau menyelesaikan masalah yang nyata atau kontekstual, yang dapat diselesaikan dengan material/bahan yang ada di sekitar siswa,

2) format untuk menampilkan temuan atau hasil siswa (misalnya format kesempatan penampilan/penyajian, format tabel, format grafik, foto, gambar, dan lainnya), dan

3) kriteria penilaian atau rubrik

 

6. Tes Tertulis

a. Definisi

Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya diberikan dalam  bentuk tulisan.

b. Kompetensi-kompetensi yang dinilai

Tes tertulis digunakan untuk mengukur kompetensi siswa pada aspek pengetahuan. Level kognitif yang dapat diukur melalui tes tulis meliputi: Level 1 atau pemahaman (C1, C2), Level 2 atau penerapan (C3), dan Level 3 atau penalaran (C4, C5, C6).

 

7. Tes Lisan

a. Definisi

Tes lisan merupakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru secara lisan dan siswa menjawab atau merespon pertanyaan tersebut secara lisan.

  

Bagi Anda yang membutuhkan Inspirasi Contoh Soal Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan Tingkat SMP silakan unduh di bawah ini berdasarkan mata pelajaran :

 

Inspirasi Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian Bahasa Inggris download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian IPA download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian IPS download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian PJOK download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian Seni Budaya download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian PPKN download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian Matematika download di sini 

Inspirasi Contoh Soal Ujian Prakarya download di sini  


0 Response to "Inspirasi Contoh Soal Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan Tingkat SMP "

Post a Comment