√ Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 - MGMP IPS Indramayu

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020

Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP Tahun 2020 - Olimpiade Sains Nasional kini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Peserta OSN (sekarang berganti menjadi Kompetisi Sains Nasional, disingkat : KSN) adalah siswa yang telah lulus seleksi untuk setiap tingkatan, baik itu di Sekolah, Kab./Kota, dan Propinsi. Mereka adalah siswa-siswi terbaik di bidang sains yang siap bertarung di bidang studi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).


Lahirnya gagasan KSN sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari upaya Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mendekatkan peserta didik pada dunia sains.
Melalui sains peserta didik mampu menunjukkan kemampuannya untuk terus berpikir dan merefleksikan peristiwa apa yang terjadi dalam dunia keseharian. Dengan begitu sains dapat mengarahkan dan mendorong anak menjadi peserta didik yang kreatif, sistematis, kritis dan penuh inisiatif.

Dunia sains pula akan mendorong anak-anak Indonesia untuk berlombalomba mengubah dunia menjadi jauh lebih baik, bahkan penguasaan dunia sains akan melahirkan generasi-generasi saintis yang kelak dapat membanggakan sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kegiatan KSN dapat menjadi salah satu instrumen untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Kegiatan dimaksud sudah menjadi agenda tahunan yang sangat diminati oleh satuan pendidikan terutama sekolah dan pemangku pimpinan di wilayahnya untuk membina peserta didiknya yang memiliki bakat, minat dan prestasi bidang akademis dan non akademis yakni literasi sains, seni, olahraga dan penelitian agar dapat berpartisipasi di tingkat nasional pada ajang :
1. Kompetisi Sains Nasional (KSN);
2. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (O2SN);
3. Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N);
4. Gala Siswa Indonesia (GSI);
5. Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).

Sedangkan untuk Olimpiade/lomba/Akademi di tingkat internasional untuk jenjang SMP tahun 2020 antara lain :
1. International Junior Science Olympiad (IJSO);
2. International Mathematics Competition (IMC);
3. The Couple Internationale De Kayl (k arate); dan
4.Training and Development for Footballer and Trainer.

Petunjuk pelaksanaan ini dibuat dalam rangka sosialisasi sekaligus informasi mengenai panduan kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP tahun 2020 agar program dan kebijakan dapat dicapai sesuai target yang telah ditetapkan. Kami berharap petunjuk pelaksanaan ini dapat diimplementasikan dengan optimal oleh pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan KSN di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah sebagai pedoman pelaksanaan.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2020 silakan



Get notifications from this blog