Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2020

Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2020 - Kalau tahun-tahun sebelumnya bernama OSN (Olimpiade Sains Nasional) maka pada tahun 2020 ini berubah namanya menjadi KSN (Kompetisi Sains Nasional).

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan pembangunan Sumber Daya Manusia dalam bidang sains.


KSN SMP merupakan ajang silaturahmi para pencinta Sains tingkat SMP sekaligus wahana kompetisi bagi siswa/i SMP/MTS negeri/swasta dan yang sederajat di seluruh Indonesia di bidang studi : Matematika, IPA, dan IPS.

KSN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga provinsi. Peserta KSN SMP Tingkat Nasional adalah siswa/i yang telah berhasil lulus seleksi untuk setiap tingkatannya.

Hadirnya KSN diharapkan mampu meningkatkan atmosfer kecintaan terhadap dunia sains sekaligus menanamkan suasana kompetitif, sportif, produktif dan jujur antar siswa SMP sejak dini.
Sejak KSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. 

Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional.

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan buku silabus ini dapat memberikan informasi bagi pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat SMP tahun 2020.

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tahun 2020 memuat lingkup materi yang akan diujikan pada kegiatan KSN. Materi dalam silabus ini mengacu kurikulum yang berlaku dan silabus kompetisi internasional. Isi silabus ini terdiri dari tiga bidang studi yang dilombakan yaitu : Matematika, IPA, dan IPS.

Silabus ini dapat menjadi panduan dan berfungsi menyatukan pemahaman dan menyamakan interpretasi para guru dan pembina dalam menyiapkan peserta didik untuk menghadapi Kompetisi Sains Nasional pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, sekaligus memperjelas arah pembinaan Matematika, IPA, dan IPS.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2020 silakan


0 Response to "Silabus Kompetisi Sains Nasional SMP Tahun 2020"

Post a comment