Home » , » Apa dan Bagaimana Manfaat PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Apa dan Bagaimana Manfaat PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Pelajar sedang mengerjakan soal (Dok. Didno)

Bagi seorang guru atau tenaga pendidik tentu mengetahui apa itu PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. PTK biasanya digunakan untuk kepentingan kenaikan pangkat, karena guru diwajibkan membuat PKT atau Penelitian Tindakan Kelas. Bahasa Inggrisnya PTK adalah Classroom Action Research. 


Melakukan penelitian walau secara sederhana tetap merupakan momok bagi sebagian besar guru Indonesia. Kecuali bagi mereka yang biasa menulis dan menyukainya dunia tulis menulis. Alasan beragam, namun aturan dan ketetapan terus berjalan. Mau tidak mau, guru tetap harus melaporkan hasil penelitiannya kalau ingin pangkat dan golongannya naik kelas. 

Sebenarnya membuat PTK itu mudah. Langkah-langkahnya juga jelas. Namun menjadi tidak mudah karena guru kurang suka belajar apalagi membaca. Padahal banyak sekali ilmu-ilmu tentang pendidikan yang terus diperbaharui dan guru harus mengetahuinya. Semuanya agar guru menjadi pioneer di dalam kelas sebagai agen pendidikan. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah guru harusnya mempunyai jurnal guru untuk mencatat semua kejadian di dalam kelas yang dapat diambil sebagai judul PTK. Dari jurnal guru itulah para guru dapat mengidentifikasi masalah yang sering terjadi di kelas kelas yang diajarnya. 

Kemudian dipilih salah satu kejadian yang dianggap paling penting, paling urgen untuk ditangani. Biasanya semua permasalahan yang terjadi di dalam kelas adalah hampir sama dengan yang terjadi di kelas manapun bapak dan ibu guru mengajar di seluruh Indonesia ini. 

Apa saja itu? Semua masalah pada kegiatan belajar mengajar di kelas adalah kegiatan motivasi dan prestasi. Tidak dapat dipungkiri kegalauan bapak ibu guru di kelas adalah tentang menurunnya motivasi dan prestasi siswa di dalam kelas. 

Langkah kedua adalah memikirkan atau merancang model pembelajaran yang dapat membuat guru dan siswa betah dan berhasil dalam belajar, mengajar dan pembelajaran. Interaksi yang harmonis di dalam kelas, keinginan merasa membutuhkan dan dibutuhkan serta kepuasan kedua belah pihak dalam KBM. Tidak mudah memang, tetapi harus terus diupayakan. 

Perlu diingat, jangan membuat kelas anda sebagai kelas horor. Di mana anda menampilkan penampilan yang sangat tidak simpatik. Tersenyumlah dan tebarkanlah senyuman, salam serta sapaan yang mengena. Ajaklah dunia tersenyum bersama anda dan nikmati indahnya dunia. 

Tentukanlah model pembelajaran yang sesuai dengan kelas anda. Apa itu? Hanya bapak ibu yang mengerti kondisi kelas yang bapak ibu ampu. Tidak perlu pusing memikirkannya. Banyak model pembelajaran yang bisa ditiru dari buku, teman sejawat atau google. Tetapi tetap lebih baik bila dikreasikan, diciptakan sendiri. Tidak yang terlalu rumit, yang sederhana saja. Ajak teman sejawat untuk berkolaborasi. Pastikan anda sudah menyiapkan segala sesuatunya. 

Persiapan yang harus anda lakukan sebelum membuat PTK :
  1. Siapkan kertas pre-test. 
  2. Siapkan teman sejawat yang akan diajak kolaborasi. 
  3. Siapkan kertas angket. 
  4. Siapkan kertas petunjuk penilaian selama anda KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). 
  5. Siapkan kamera atau handphone untuk memotret kegiatan anda. 
  6. Siapkan kertas untuk menulis kejadian-kejadian unik yang terjadi di kelas.
  7. Siapkan kertas untuk mencatat kelebihan dan kekurangan anda selama proses KBM. 
  8. Berdo'alah. 
  9. Konsentrasi dan fokus pada proses KBM dengan model pembelajaran yang ingin Anda laksanakan di dalam kelas. 
  10. Bila selesai, tulislah di buku apa saja yang terjadi. 
  11. Tulislah mulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi sampai refleksi. 
  12. Lakukan post-test dan lihat hasilnya. 
  13. Tulislah apa yang perlu diperbaiki. 
  14. Ulangi lagi Minggu depan. 
  15. Jangan lupa siapkan presensi siswa dan minta tanda-tangannya. 
  16. Lakukan post-test kembali. 
  17. Mulailah mengetik hasil yang anda dapat dan cari referensi serta daftar pustaka. 
  18. Selamat, anda sudah berhasil menyusun PTK sendiri. 
  19. Beritahu dan undang MGMP Kabupaten untuk menyeminarkan PTK anda. 
  20. Ikuti prosedur pembuatan PTK, lengkapi kekurangan seperti surat keterangan dari kepala sekolah, kepala perpustakaan dan lain sebagainya. 
  21. Jilid PTK anda dan masukkan dalam PKG (Penilaian Kinerja Guru) atau SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). 
  22. Selesai! 
Mudah bukan? Ayo lakukan, jangan ditunda-tunda dengan berbagai alasan. Pastikan Anda menjadi penikmat dan pemenang dari hasil jerih payah anda sendiri. Bukan sekedar copy paste. Perbuatan anda menentukan masa depan Anda. Tulisan ini dikutip dari Ibu Elfi Zufrida Guru IPS di Cepu.

0 Comments:

Post a Comment