√ Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian - MGMP IPS Indramayu

Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Analisis Butir Soal

Sebentar lagi bapak dan ibu guru akan disibukkan dengan PAT (Penilaian Akhir Tahun). Selain membuat soal, menilai tugas dan mengoreksi hasil PAT . Ternyata ada juga aktivitas lain setelah melaksanakan PAT, yakni membuat analisis butir soal

Dengan analisis butir soal ini, guru bisa mengetahui soal-soal mana saja yang dianggap susah dan soal mana saja yang dianggap mudah. Sehingga dengan hasil ini pendidik atau guru bisa mengetahui soal mana yang harus mendapatkan revisi, atau soal yang dipertahankan.

Ada banyak aplikasi untuk membuat analisis butir soal, seperti anatest, analisis butir soal menggunakan Windows Excel dan lain sebagainya. Bagi bapak dan ibu guru yang akan menganalisis butir soal pilihan ganda dan uraian ada Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dan Uraian dalam satu aplikasi. 

Di dalam aplikasi ini dilengkapi dengan kolom untuk menulis kompetensi dasar berdasarkan materi masing-masing mata pelajaran, rincian kunci jawaban, jumlah option, skor benar, skor salah, rincian jawaban, skor tiap soal untuk soal uraian dan nilai akhir. 

Nah bagi bapak dan ibu guru yang ingin membuat analisis butir soal pilihan ganda dan uraian silakan unduh filenya di sini.

Get notifications from this blog

1 comment