Home » , » Model Pembelajaran Dengan Lambaian Kertas Warna-warni

Model Pembelajaran Dengan Lambaian Kertas Warna-warni

Siswa menjawab pertanyaan dari guru (Dok. Ibu Elfi Zulfrida)

Ada banyak model pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran bapak dan ibu guru di kelas atau di luar kelas. Model pembelajaran ini digunakan untuk menciptakan suasana yang tidak monoton di kelas dan menambah semangat peserta didik untuk belajar mata pelajaran tertentu di kelas.

Salah satu model pembelajaran yang bisa dicoba oleh bapak dan ibu guru di kelas adalah dengan model pembelajaran “Lambaian Kertas Warna-warni”. Bagaimana caranya berikut urutannya :


  1. Siapkan gunting dan kertas HVS, 5 warna. (Merah, biru, kuning, hijau, dan putih). 
  2. Gunting kertas menjadi 8 bagian tiap warna. Bagikan sejumlah siswa di kelas. Satu anak mendapat 5 warna. 
  3. Tentukan tema materi. Misal: Lembaga atau Organisasi Internasional seperti KAA, ASEAN, GNB, dan PBB. 
  4. Tulis di kertas: A. Warna Merah untuk KAA B. Warna Biru untuk ASEAN C. Warna Kuning untuk GNB D. Warna Hijau untuk PBB.  Sedangkan yang warna putih untuk menuliskan berapa nilai atau berapa jumlah salah dan benar saat setiap selesai menjawab pertanyaan. Jangan lupa menuliskan nama, kelas dan nomor urut absen. 
  5. Siapkan sejumlah pertanyaan. Minimal 10 pertanyaan yang berhubungan dengan ke empat lembaga tersebut. 
  6. Aturan main adalah siswa mengacungkan kertas yang warna apa untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan warna kertas. 
  7. Setiap melemparkan satu pertanyaan, misal: berkumpulnya lima Menlu di Bangkok tahun 1967 [ASEAN]. Lihatlah berapa yang menunjukkan kertas warna BIRU
  8. Manfaatnya melatih anak jujur pada diri sendiri. 
  9. Hitung berapa jumlah salah dan benar yang diperoleh siswa. 
  10. Kumpulkan kertas putih, bapak/ibu bisa membuat penilaian tugas. 
  11. Biar lebih seru, bisa bergantian menunjuk salah satu siswa untuk membuat pertanyaan yang ditujukan kepada teman sekelasnya. 
  12. Pasti serunya. 
Mudah-mudahan model pembelajaran Lambaian Warna-warni tersebut bisa diterapkan di kelas bapak dan ibu guru masing-masing. Dikutip dari materi sharing Grup Edukasi IPS Elfi Zulfrida Guru SMPN 1 Kadewan Bojonegoro Jawa Timur. 

0 Comments:

Post a Comment