√ Juknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah SMP Tahun Ajaran 2022/2023 - MGMP IPS Indramayu

Juknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah SMP Tahun Ajaran 2022/2023



Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah SMP Tahun Ajaran 2022/2023 - Sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik pebelajaran yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh. Untukmendorong praktik pembelajaran tersebut satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik. Pengelolaan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada saat ini telah mengalami berbagai perubahan yang sangat signifikan. Dinamika pendidikan sangat dirasakan oleh semua insan pendidikan, perubahan dan penyempurnaan regulasi yang menyangkut Standar Nasional Pendidikan yang dibuktikan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia


Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional. Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah tersebut, maka beberapa regulasi lain juga disempurnakan seperti Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Pelayapan Minimal Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Implementasi Kurikulum.


Implikasi berbagai upaya perubahan dan penyempurnaan pengelolaan penyelenggaraan Pendidikan Nasional terhadap sistem penyelenggaraan Ujian pada Satuan Pendidikan. Pelaksanaan USBN sejak tahun 2020 dikembalikan ke pihak sekolah, dengan didasarkan pada UU Sisdiknas bahwa peserta didik akan dievaluasi oleh gurunya dan kelulusan ditentukan oleh sekolah. Pihak sekolah bisa menyelenggarakan ujian kelulusan sekolah sesuai kurikulum yang ada. Pihak sekolah diberi kebebasan menentukan bentuk dan format ujian kelulusan sendiri. juga mengalami perubahan yang sangat signifikan.



Agar penyelenggaraan Ujian Sekolah dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan akuntabel maka diperlukan Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang mengacu pada regulasi yang berlaku dan memperhitungkan tingkat akseptabilitas yang secara proporsional dapat diterima dan dilaksanakan oleh semua pihak terkait.


Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah untuk SMP ini diterbitkan sebagai salah satu pedoman bagi sekolah di Kabupaten Indramayu dalam memahami dan menjabarkan peraturan penyelenggaraan Ujian Sekolah yang telah diatur oleh pemerintah. 


Sesuai dengan peraturan yang berlaku, penyelenggaraan Ujian Sekolah di SMP menjadi kewenangan sekolah masing-masing. Dalam hal ini maka Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Sekolah ini bersifat membantu menjabarkan peraturan tersebut. 


Adapaun pelaksanaan Ujian Sekolah Utama SMP Kabupaten Indramayu tahun ajaran 2022/2023 akan dilaksanakan pada tanggal 2 - 9 Mei 2023. 


Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Sekolah jenjang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu silakan unduh di sini  

Get notifications from this blog