LKPD IPS 7 Semester Genap Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara, Hindu Buddha dan Islam



LKPD IPS 7 Semester Genap Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara, Hindu Buddha dan Islam - Memasuki semester genap, tentu kita sebagai guru membutuhkan banyak perangkat untuk pembelajaran. Salah satu perangkat yang dapat dimanfaatkan baik pada saat pandemi, PTM Terbatas atau PTM 100% adalah Lembar Kerja Peserta Didik atau yang lazim disebut LKPD, atau dulu diberi nama LKS (Lembar Kerja Siswa). 


LKPD memiliki fungsi untuk panduan dan juga tugas peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini tentu bisa dilakukan saat kegiatan belajar dari rumah. Dengan hasil cukup difoto lalu dikirimkan kepada guru mata pelajaran masing-masing, atau di sekolah dengan cara mengisi LKPD secara langsung.   


Pada kesempatan ini kami akan membagikan Lembar Kerja Peserta Didik dari rekan-rekan-rekan APEPSI. Bagi rekan-rekan yang mengajar pelajaran IPS kelas 7 kali ini kami bagikan LKPD yang dibuat oleh Bapak Sarwanta yang bisa dimanfaatkan baik saat pembelajaran secara daring maupun luring. 


A. KOMPETENSI DASAR

KD 3.4 Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam

KD.4.4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa HinduBuddha dan Islam.

B.TUJUAN PEBELAJARAN
1. Dapat menjelaskan alur kedatangan nenekmoyang bangsa Indonesia
2. Dapat mendeskripsikan tahap perindahan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
3. Dapat Menggambar pada sebuah peta jalur kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia

C. WACANA

NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA & PERSEBARANNYA


Sejak jutaan tahun yang lalu wilayah Indonesia telah dihuni beberapa jenis manusia purba. Namun jenis makhluk tersebut sebagian besar telah mengalami kepunahan. Sisanya lambat laun mengalami perubahan secara perlahan. Salah satu jenis manusia purba yang tersisa adalah Homo Wajakensis yang kemudian menjadi penghuni asli wilayah Indonesia.

Pada perkembangannya, Homo Wajakensis menyebar ke arah timur dan barat. Mereka yang ke arah timur menetap di Papua, Kepulauan Kai, Pulau Seram dan Sulawesi Selatan. Mereka yang ke arah barat menempati Sumatra terutama di Sumatra Timur. Mereka yang menyebar ke kedua arah tersebut termasuk ke dalam ras Austromelanesoid. 

Nenek moyang bangsa Indonesia yang menurunkan generasi paling banyak sekarang ini diduga berasal dari Benua Asia. Menurut van Heine Geldern, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunnan di Cina Selatan. Pendapat Geldern didukung bukti berupa kesamaan peninggalan benda-benda antara daerah Yunnan dan Indonesia. Benda-benda yang sama itu antara lain kapak lonjong dan kapak persegi. 

Nenek moyang yang berasal dari Yunnan pindah ke kepulauan Nusantara karena terdesak oleh bangsa lain yang lebih kuat. Selain itu mereka hidup di alam yang tidak banyak memberikan kesejahteraan hidup. Proses kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ke kepulauan Nusantara dibagi dalam dua gelombang yaitu:
- Gelombang pertama BANGSA MELAYU TUA ( PROTO MELAYU )
Bangsa ini datang membawa kebudayaan neolitikum seperti kapak lonjong dan kapak persegi. Suku bangsa yang merupakan keturunan bangsa melayu tua antara lain Dayak, Toraja, Batak, Papua.
- Gelombang kedua BANGSA MELAYU MUDA ( DEUTRO MELAYU )
Bangsa ini datang membawa kebudayaan logam seperti kapak corong dan nekara. Suku bangsa yang merupakan keturunan bangsa melayu muda antara lain suku Jawa, Melayu, Bugis, Minang.


D.KEGIATAN SISWA
1. Bacalah materi tentang persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Buku IPS    Kurikulum 13 ( Edisi revisi ) Kelas VII halam 220-222.
2. Baca pula wacana di ata
3. Cermati peta Asia Tenggara di atas
4. Bentuklah kelompok diskusi yang beranggotakan 3-4 orang/siswa
5. Diskusikan dengan kelompokmu dengan pokok permasalahan “persebaran nenek moyang bangsa Indonesia” dan salinlah peta Asia Tenggara dan berilah alur persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
6. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas
7. Kerjakan pertanyaan/suruhan di bawah ini
a. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
b. Lakukan bersama sama dengan guru  memberikan penguatan

E.EVALUASI
1. Darimanakah asal usul nenek moyang bangsa Indonesia?
2. Sebutkan bangsa – bangsa yang menjadi nenek moyang bangsa indonesia!
3. Dari keturunan bangsa apa yang mendiami indonesia Timur?
4. Dari keturunan bangsa apa yang mendiami Indonesia Timur?
5. Jelaskan Perpindahan dan persebaran bangsa Melayu austronesia ke Indonesia pada periode I !
6. Jelaskan Perpindahan dan persebaran bangsa Melayu austronesia ke Indonesia pada periode II !


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan LKPD  IPS 7 Semester Genap Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara, Hindu Buddha dan Islam  silakan download di sini 

0 Response to "LKPD IPS 7 Semester Genap Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Praaksara, Hindu Buddha dan Islam "

Post a Comment