√ KI dan KD Kurikulum Darurat Covid 19 Mata Pelajaran IPS SMP Kelas 7, 8 dan 9 - MGMP IPS Indramayu

KI dan KD Kurikulum Darurat Covid 19 Mata Pelajaran IPS SMP Kelas 7, 8 dan 9

KI dan KD IPS SMP Kelas 9

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum Darurat Mata Pelajaran IPS SMP Kelas 7, 8 dan 9 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia baru saja mengeluarkan Kepmendikbud No 719 P 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional termasuk pada mata pelajaran IPS SMP. Pada kurikulum tersebut dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.


Kemendikbud juga menyediakan modul-modul pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) yang diharapkan dapat membantu proses belajar dari rumah dengan mencakup uraian pembelajaran berbasis aktivitas untuk guru, orang tua, dan peserta didik.
Dari opsi kurikulum yang dipilih, catatannya adalah siswa tidak dibebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, dan pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran.

Selain Kepmendikbud tersebut tentu ditunjang oleh Keputusan lain untuk memperkuat Keputusan tersebut. Dalam hal ini adalah Keputusan Balitbang nomor 018/H/KR/2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang kompentensi inti & kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada Paud, Dikdas, dan Dikmen berbentuk sekolah menengah atas untuk Kondisi Khusus.

Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar di tingkat PAUD, SD, SMP, SMA/SMK atau yang sederajat tentu membutuhkan Kurikulum Darurat Covid 19. Tapi pada kesempatan ini kami akan bagikan Kurikulum Darurat Covid 19 Untuk Mata Pelajaran IPS SMP :

KI dan KD Kurikulum Darurat IPS SMP Kelas 7

KI dan KD Kurikulum Darurat IPS SMP Kelas 8

KI dan KD Kurikulum Darurat IPS SMP Kelas 9


Semoga kurikulum darurat untuk mata pelajaran IPS SMP kelas 7, kelas 8, kelas 9 ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semua.  

Get notifications from this blog

1 comment