Home » » Tips Agar Peserta Didik Mau Membaca Materi Pelajaran

Tips Agar Peserta Didik Mau Membaca Materi Pelajaran

Peserta didik sedang belajar

Minat baca peserta didik di Indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain bahkan di ASEAN sekalipun. Ini tentu berdampak bagi kemampuan dan pengetahuan peserta didik itu sendiri. 


Oleh karena itu sebagai pendidik harus bisa meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah. Salah satu yang harus dicoba oleh bapak dan ibu guru adalah menstimulus peserta didik, yakni dengan cara mereka harus membaca buku pelajaran dan membaca berbagai sumber belajar yang sesuai dengan mata pelajaran. 

Selain itu setiap latihan soal atau tugas dari materi pelajaran, guru harus mewajibkan peserta didik untuk menjawab dengan menyertakan asal sumber jawaban tersebut. Misalnya diambil dari buku apa, dan halaman berapa. Halaman itu wajib ditulis di samping jawaban. Jika tidak menyertakan sumber halaman, maka skornya dikurangi. 

Guru harus menyampaikan ke siswa mengenai hal tersebut kenapa harus dilakukan : 

1. Sebagai upaya agar siswa menjawab dengan benar, tidak asal-asalan sehingga bisa dipertanggungjawabkan saat mendapat giliran untuk menjawab. "Kan malu kalau jawabnya salah?" sementara buku referensi sudah tersedia lengkap. 

2. Jika materi akan dibahas lagi di akhir semester, atau saat mereka kelas 9, mereka masih memiliki dokumen, sumber jawaban yang benar dari buku apa halaman berapa. Biasanya kelas 9 juga mereview materi kelas 7 dan kelas 8. Jadi buku atau bahan ajar tambahan dari guru saat mereka kelas 7 atau 8 mesti disimpan dengan baik oleh siswa tersebut jangan sampai hilang, tetapi didokumenkan sendiri oleh siswa di rumahnya. 

3. Guru harus menjelaskan juga pada peserta didik, jika kedepannya mereka akan masuk bangku kuliah, dan harus buat makalah atau tugas akhir, mereka wajib mencantumkan sumber bukunya, jika harus menuliskannya di makalah atau tugas akhir. Maka anggap saja, peserta didik sudah dilatih hal tersebut sejak dari SMP. 

Itulah tips cara atau strategi yang dilakukan oleh guru di sekolah agar peserta didik ada tantangan untuk mau baca materi dan mengerjakan atau menjawab soal -soal latihan sehingga meraka tidak menjawab asal-asalan. Kiriman dari Ibu Anastasia Edukasi IPS 4

0 Comments:

Post a Comment