Home » , » Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2019/2020

Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2019/2020

PLS SMP

Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah - Tidak terasa tahun pelajaran baru tahun 2019/2020 akan segera dimulai termasuk untuk tingkat SMP atau MTs. Biasanya di setiap sekolah akan diadakan Pengenalan Lingkungan Sekolah atau dulunya disebut dengan MOS (Masa Orientasi Sekolah). 

Bapak dan ibu guru yang diberi tugas untuk memberikan materi Pengenalan Lingkungan Sekolah kepada peserta didik baru biasanya harus mempersiapkan materi tersebut. Materinya tentu harus yang terbaru sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk peserta didik baru tahun pelajaran 2019/2020 ada beberapa hal yang perlu diketahui : 
  1. Kegiatan PLS dilaksanakan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 
  2. Dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan wajib mengawasi kegiatan PLS. 
  3. Pelaksanaan PLS agar didahului dengan menghadirkan orang tua/wali peserta didik baru di sekolah untuk diberikan penjelasan tentang profil sekolah, dan selanjutnya secara simbolis menyerahkan peserta didik baru kepada pihak sekolah. 
  4. PLS dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan PLS dan pelaksanaannya diatur oleh setiap Satuan Pendidikan menyesuaikan dengan kondisi jam belajar di sekolah. 
  5. Kepala sekolah bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam PLS. 
  6. Apabila dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah terjadi pelanggaran, dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota sesuai kewenangannya wajib menghentikan kegiatan PLS.
Untuk materi Pengenalan Lingkungan Sekolah tingkat satuan pendidikan SMP atau MTs adalah sebagai berikut dan bisa langsung di unduh per materi : 
  1. Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala 
  2. Kepramukaan 
  3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara 
  4. Belajar Efektif 
  5. Pendidikan Karakter 
  6. Tata Krama Siswa 
  7. Pengenalan Kurikulum 2013 
  8. Pembinaan Mental Agama di Sekolah
Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan. 

0 Comments:

Post a Comment