Home » , » Pedoman Teknis Penyelenggaraan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter Terbaru

Pedoman Teknis Penyelenggaraan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter Terbaru

PPK Terbaru Tahun 2019

PPK singkatan dari Penguatan Pendidikan Karakter adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

Sedangkan yang dimaksud dengan Satuan Pendidikan Formal atau disebut juga Sekolah adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan formal, terstruktur dan berjenjang, terdiri atas satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

PPK dilaksanakan dengan menerapkan lima nilai utama yang saling berkaitan yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas yang terintegrasi dalam pelaksanaan pembelajaran. 

Lima nilai utama sebagaimana dimaksud diwujudkan melalui pembiasaan, keteladanan, dan komitmen. Pembiasaan, keteladanan, dan komitmen diwujudkan oleh kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan komite sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya. 

Penyelenggaraan PPK di Sekolah diimplementasikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah dengan memberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah serta tenaga kependidikan lainnya bersama Komite Sekolah sesuai dengan kebutuhan dan konteks satuan pendidikan. 

Nah bagi bapak dan ibu guru yang penasaran dengan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal Terbaru tahun 2019 silakan unduh filenya di bawah ini :  

0 Comments:

Post a Comment