Home » , » Format Penilaian Pengetahuan, Ketrampilan Dari Excel Ke e-Rapor SMP

Format Penilaian Pengetahuan, Ketrampilan Dari Excel Ke e-Rapor SMP

Format Penilaian dari Excel ke e-Rapor

Tahun pelajaran 2018/2019 seluruh SMP dan MTs di kabupaten Indramayu sudah menggunakan kurikulum 2013. Dengan menggunakan Kurikulum 2013 otomatis system penilaiannya pun berbeda dengan Kurikulum KTSP atau Kurikulum 2006. 

Kalau pada Kurikulum KTSP nilai yang digunakan hanya satu nilai, sedangkan pada Kurikulum 2013 ada beberapa nilai yakni Nilai Pengetahuan, Ketrampilan, Sikap Spiritual dan Sosial. Untuk mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sendiri hanya ada 2 nilai yakni Nilai Pengetahuan dan Nilai Ketrampilan.

Nilai pengetahuan di dapat dari PH (Penilaian Harian), PTS (Penilaian Tengah Semester), dan PAS (Penilaian Akhir Semester). Sedangkan nilai ketrampilan ada berbagai macam penilaian tergantung materi dan mata pelajaran yang diajarkan pada saat itu yakni Penilaian Praktik, Produk, Proyek atau yang lainnya. 

Pada tahun pelajaran 2018/2019 Pemerintah sudah menetapkan bahwa untuk rapor yang digunakan harus menggunakan e-Rapor yang terintegrasi dengan Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Hal ini tentu membuat para pendidik kebingungan dengan cara mengunggah nilai ke e-Rapor. 

Pemerintah sudah menyediakan panduan atau tata cara pengisian e-Rapor SMP melalui websitenya. Dari mulai Admin atau operator sekolah, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, dan wali kelas. Bagi rekan-rekan guru yang ingin membaca panduannya silakan baca di sini

Untuk memudahkan bapak dan ibu guru menginput menginput data secara manual sebelum dimasukkan ke dalam aplikasi e-Rapot, tentu harus menggunakan Microsoft Excel. Berikut format penilaian dari Microsoft Excel ke e-Rapor SMP : 



Catatan : 
Format penilaian ini mungkin berbeda antara KD (Kompetensi Dasar) yang bapak ibu guru miliki dengan format ini, tetapi karena KD yang sebenarnya terlalu panjang maka yang tercantum di aplikasi ini sudah disingkat tetapi saat mengupload ke e-Rapot data ini akan menyesuaikan.

0 Comments:

Post a Comment