Pedoman MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 Bagi SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Indramayu





Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2021/2022 di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. 


Peserta didik baru tidak hanya dikenalkan pada fisik sekolah barunya akan tetapi juga pengenalan sekolah yang bersifat non fisik. Penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan ayng bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarah mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya yang bersifat humanis, dinamis, menyenangkan, edukatif, dan bermakna sangat penting mengingat Indonesia masih dalam pandemi Covid-19. 


Maka kegiatan MPLS tahun ini sepenuhnya dilaksanakan dari rumah menggunakan metode blended learning (Kombinasi luring dan daring) dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan perangkat seperti TV, siaran radio, aplikasi meeting, Learning Management System (LMS) dan media sosial. 


Penggunaan beragam aplikasi dimaksudkan untuk memfasilitasi semua peserta didik tanpa terkecuali di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu sehingga semua peserta didik baru dapat mengenal lingkungan sekolanhya yang baru. 


Adapun Konsep MPLS Tahun Ajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut : 

A. Mengutamakan Penghargaan Bukan Hukuman (Reward No Punishment)

B. Pendidikan Keluarga

C. Pengenalan Lingkungan sekolah 

D. Pencegahan Covid-19

E. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Daring

F. Konsep MPLS "Health & Reward" 


Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan Panduan Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2021/2022 di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu silakan download disini 

 


0 Response to "Pedoman MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022 Bagi SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Indramayu "

Post a Comment