Model Pembelajaran Bauran (Blended Learning)

Apa sih yang dimaksud dengan Model Pembelajaran Bauran?. Pembelajaran Bauran atau Blended Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih dari itu sebagai elemen atau bagian dari interaksi sosial.

SINTAKS PENERAPAN BLENDID LEARNING

•Tahap 1: Pencarian informasi (Seeking of information)
•Tahap 2: Perolehan informasi (Acquisition of information)
•Tahap 3: Sintesa pengetahuan (Synthesizing of knowledge)

PEROLEHAN INFORMASI (ACQUISITION OF INFORMATION)

Tahap 1
PENCARIAN INFORMASI
Pencarian informasi dari berbagai sumber informasi yang tersedia baik melalui internet maupun buku dengan penyampaian/ pendemonstrasian fenomena melalui tatap muka (face to face) di kelas

Kegiatan Guru
Guru menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran untuk menginisiasi kesiapan belajar siswa sekaligus mempersiapkan siswa dalam proses eksplorasi konsep materi yang relevan melalui kegiatan pembelajaran tatap muka (face to face) di kelas maupun pembelajaran dengan suplemen TIK (online). Kegiatan eksplorasi konsep dapat dilakukan secara individual maupun kelompok.

Guru memfasilitasi, membantu, dan mengawasi siswa dalam proses eksplorasi konsep & teori sehingga informasi yang diperoleh tetap relevan dengan yang sedang dibahas, serta diyakini validitas/reliabilitas dan akuntabilitas akademiknya.

Kegiatan Siswa 
Siswa dalam kondisi siap belajar dan menyiapkan alat/bahan untuk eksplorasi topik yang disampaikan oleh guru/fasilitator. Eksplorasi materi melalui buku pendamping (offline) maupun internet (online).

Siswa dapat membentuk kelompok 2-4 orang untuk bersama-sama melakukan proses eksplorasi topik yang disampaikan guru atau fasilitator dan dapat bertanya kepada guru atau fasilitator apabila menemui masalah.

PEROLEHAN INFORMASI (ACQUISITION OF INFORMATION)
Menginterpretasi dan mengelaborasi informasi secara personal maupun kelompok

Kegiatan Guru
Guru mengkonfrontasi ide atau gagasan yang telah ada dalam pikiran siswa dengan hasil interpretasi informasi/pengetahuan dari berbagai sumber yang tersedia (baik offline maupun online)

Guru mendorong dan memfasilitasi siswa untuk mengkomunikasikan hasil interpretasi dan elaborasi ide-ide mengenai topik atau materi yang dipelajari secara tatap muka (face to face) maupun menggunakan fasilitas TIK (online), secara personal maupun kelompok.

Guru menugaskan siswa untuk mengelaborasi penguasaan konsep materi melalui pemberian soal-soal yang bersifat terbuka dan kaya (open-rich problem) baik secara konvensional maupun menggunakan fasilitas TIK.

Kegiatan Siswa
Siswa menuliskan hasil elaborasi tentang topik yang dipelajari secara individu atau kelompok

Siswa mempresentasikan hasil elaborasi dan eksplorasi topik yang sedang dipelajari secara individu atau kelompok atau melakukan diskusi dan tanya jawab secara tatap muka di depan kelas atau melalui fasilitas TIK milik guru (web, blog, email, chat, discussion forum, dll.)

Siswa mengerjakan tugas-tugas secara tertulis atau secara online melalui fasilitas TIK milik guru.

Tahap 1 
PEMBUATAN SIMPULAN PENGETAHUAN (SYNTHESIZING OF KNOWLEDGE)
Merekonstruksi pengetahuan melalui proses asimilasi dan akomodasi bertolak dari hasil analisis, diskusi dan perumusan kesimpulan dari informasi yang diperoleh.

Kegiatan Guru
Guru menjastifikasi hasil eksplorasi dan akuisisi konsep sains secara akademik, dan bersama-sama siswa menyimpulkan konsep materi yang dibelajarkan.
Guru membantu siswa mensintesis pengetahuan dalam struktur kognitifnya.
Guru mendampingi siswa dalam mengkonstruksi/merekonstruksi konsep materi melalui perumusan kesimpulan terhadap informasi yang dipelajari.

Kegiatan Siswa
Siswa menyusun rangkuman atau kesimpulan terhadap topik yang dipelajari.

Bagi Anda yang membutuhkan materi tentang Model Pembelajaran Bauran (Blended Learning) silakan 





0 Response to "Model Pembelajaran Bauran (Blended Learning) "

Post a comment