Home » , » Metode Pembelajaran Mix and Match IPS Materi Teori Masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Metode Pembelajaran Mix and Match IPS Materi Teori Masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Kartu Mix and Match Teori Masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia 

Guru selalu mencari cara untuk membuat peserta didik bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu sebagai pendidik tidak boleh berhenti untuk belajar mencari cara mengajar dengan metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan. 

Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru adalah Mix and Match. Biasanya permainan ini digunakan untuk belajar Bahasa Inggris tetapi tidak ada salahnya bisa digunakan untuk pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Kartu atau gambar yang digunakan sudah kami siapkan, bapak dan ibu guru tinggal mencetaknya terlebih dahulu, kemudian mempraktekkannya di kelas saat menjelaskan materi tentang Masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia. 

Berikut langkah-langkahnya : 

  • Guru mempersiapkan kartu yang berisi gambar dan tulisan sudah disiapkan. 
  • Guru meminta peserta didik untuk maju satu per satu maju ke depan dan setiap peserta didik mengambil satu kartu tersebut. 
  • Peserta didik menjodohkan potongan gambarnya dengan penjelasan kepunyaan peserta didik lain agar menjadi gambar yang utuh. 
  • Peserta didik yang memiliki potongan gambar dengan penjelasan yang cocok dengan peserta didik yang lain bergabung menjadi satu kelompok. 
  • Setiap kelompok harus menceritakan gambar yang mereka miliki. 
  • Kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas agar peserta didik yang lain dan guru bisa mengoreksi materi yang dijelaskan oleh peserta didik. 
Nah bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file kartu Mix and Match materi Teori Masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia silakan unduh di sini. Materi ini kiriman dari Bapak Renol Darmawan guru IPS SMP St. Yusup 2 Bandung.

0 Comments:

Post a Comment